Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pakistan Buru Perempuan Penggalang Dana untuk ISIS

Kompas.com - 21/12/2015, 19:34 WIB
KARACHI, KOMPAS.com — Kepolisian Kota Karachi, Pakistan, Senin (21/12/2015), memburu jaringan penggalang dana untuk kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS yang diketuai perempuan.

Raja Umar Khattab, Kepala Departemen Kontra-terorisme Provinsi Sindh, mengatakan, pencarian tersebut dilakukan setelah polisi menahan tersangka penggalang dana untuk pelaku penyerangan sebuah bus yang menewaskan 44 orang pada Mei lalu.

Penyerangan terhadap bus yang membawa anggota minoritas Syiah Ismaili adalah peristiwa pertama yang dilakukan "secara resmi" oleh ISIS di Pakistan.

Khattab mengatakan, tersangka, yang bernama Adil Masood Butt dan ditahan minggu lalu, mengaku kepada polisi bahwa istrinya membangun sebuah organisasi agama di kota Karachi bernama Akademi Al Zikra.

"Akademi tersebut tidak memiliki kantor atau struktur organisasi," kata Khattab kepada AFP.

"Kelompok 20 wanita, dari keluarga berada, membagi-bagikan flashdisk USB (kartu memori komputer) yang berisi video tentang ISIS, juga dakwah mendukung organisasi teror. Mereka juga mengatur pernikahan di antara pengikut kelompok teror," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com