Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembakan di California Dimakamkan secara Diam-diam

Kompas.com - 18/12/2015, 15:15 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


SAN BERNARDINO, KOMPAS.com — Dua pelaku penembakan yang menewaskan 14 orang di San Bernardino, California, AS, pada awal Desember ini, yaitu Syed Rizwaan Farook dan Tashfeen Malik, telah dimakamkan secara Islam.

Kantor berita Reuters, Kamis (17/12/2015), melaporkan, pasangan suami istri itu, yang telah ditembak mati polisi, dimakamkan secara diam-diam pada Selasa lalu.

Salah seorang yang menghadiri pemakaman mengatakan, dibutuhkan waktu seminggu untuk mencari pemakaman yang bersedia menjadi tempat peristirahatan terakhir pasangan itu.

Lokasi pemakaman itu jaraknya berjam-jam perjalanan dari San Bernardino.

Pemakaman yang berada di kawasan San Bernardino di negara bagian California menolak untuk menampung jenazah dua pelaku teror tersebut.

Ada kekhawatiran, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab akan mencoba merusak makam kedua orang itu jika mereka dikuburkan di San Bernardino.

Dua warga yang satu masjid dengan Farook mengatakan, banyak rekannya yang menolak menghadiri pemakaman kedua orang tersebut.

Dilaporkan bahwa hanya 10 orang yang hadir untuk menguburkan kedua orang itu, termasuk anggota keluarga Farook dan segelintir warga yang biasanya beribadah bersama dengan pria 28 tahun itu.

Sebelumnya, komunitas Muslim setempat dilaporkan telah menolak untuk mengurus pemakaman mereka.

Spekulasi pun merebak bahwa karena penolakan itu, jenazah mereka akan dimakamkan dengan prosesi yang tidak mengikuti ritual Islam.

"Tidak ada yang mau mengambil jenazahnya dan mengurus pemakamannya," kata seorang yang mewakili komunitas Muslim di kota itu minggu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com