Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Trump, Senator Ted Cruz Pimpin Survei Kaukus Iowa

Kompas.com - 14/12/2015, 20:43 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber Des Moines
DES MOINES, KOMPAS.com - Senator Texas Ted Cruz menjadi “idola” baru calon pemilih kaukus Iowa setelah survei terbaru Bloomberg Politics/Des Moines Register (DMS) yang dirilis Sabtu (12/12/2015) menempatkannya di urutan pertama dengan raihan 31 persen.

Lembaga survei yang dipimpin J Ann Selzer itu terkenal dengan reputasinya sebagai lembaga survei terakurat di Iowa.

Cruz yang dikenal dengan haluan politiknya yang sangat konservatif itu unggul meyakinkan 10 poin dari pebisnis kontroversial Donald Trump yang mengumpulkan 21 persen dukungan.

Orator ulung yang baru menjabat 3 tahun sebagai senator ini adalah calon favorit gerakan konservatif Tea Party.

Ia berjanji akan mencabut undang-undang asuransi kesehatan yang diajukan Presiden Barack Obama, menghapus dinas pajak yang mengumpulkan pajak pendapatan orang Amerika, dan meniadakan Departemen Pendidikan.

Cruz telah berhasil melipatgandakan dukungannya hampir 3 kali dari survei terakhir di bulan Oktober lalu ketika dia hanya meraih 10 persen suara.

Naiknya dukungan senator berusia 44 itu tidaklah begitu mengejutkan mengingat dia memang populer di kalangan pemilih Kristen Evangelis yang mewakili 40 persen populasi pemilih kaukus Iowa.

Pemilih Evangelis ini telah terbukti di setiap pemilu sebagai demografi yang krusial untuk memenangkan Iowa.

Manfaatkan kelemahan saingan

Pakar bedah saraf Ben Carson yang sebelumnya memimpin survei ini anjlok ke urutan ketiga dengan raihan 13 persen. Carson kehilangan 15 poin dukungannya dibandingkan survei terakhir.

Jatuhnya Carson disebabkan karena sejumlah blunder yang dilakukannya menyangkut kebijakan luar negeri Amerika Serikat.

Dokter dari John Hopkins University ini dinilai minim pengetahuan mengenai topik yang semakin krusial itu yang mana isu keamanan nasional dan terorisme mendominasi pemilu di tengah serangkaian serangan teror di dunia.

Terpelesetnya Carson dimanfaatkan oleh Cruz yang akhirnya berhasil mengkonsolidasikan dukungan kaum Evangelis yang sebelumnya masih terpecah-pecah antara Cruz, Carson, dan Trump.

Bisa dikatakan senator berdarah Amerika Kuba itu melesat di momen yang tepat, 6 minggu sebelum kaukus digelar 1 Februari.

Pengalaman pemilu sebelumnya menunjukkan calon yang memimpin survei DMS di bulan Desember selalu memenangkan Kaukus. Umumnya para pemilih terutama kaum Evangelis telah memutuskan siapa yang akan dipilih di bulan Desember.

Halaman:
Sumber Des Moines
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com