Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkoba Meksiko Menyatakan Perang terhadap ISIS

Kompas.com - 11/12/2015, 18:27 WIB
KOMPAS.com — Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tidak hanya mengusik perdamaian dunia, tetapi juga perdagangan narkoba.

Seorang gembong narkoba asal Meksiko menyatakan perang terhadap ISIS. Alasannya, kelompok radikal itu telah menghancurkan pengiriman narkoba ke Timur Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan Joaquin "El Chapo" Guzman, bandar narkoba yang melarikan diri dari penjara dengan pengamanan tinggi di Meksiko.

Guzman, dalam persembunyiannya, menyatakan perang terhadap ISIS dengan mengirim e-mail langsung ke pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Bhagdadi. E-mail terenkripsi itu disebarkan oleh seorang blogger Meksiko.

Dalam e-mail itu, Guzman mengatakan, "Tuhanmu (kepada Al Bhagdadi) tidak akan menyelamatkanmu dari teror sesungguhnya yang akan dikerahkan anak buah saya jika kamu terus mengganggu operasi saya."

"Anak buah saya akan menghancurkanmu. Dunia ini bukanlah milikmu untuk didikte," tulis El Chapo.

Dia mengecam ISIS yang dianggap mengganggu bisnis kartel Sinaloa.

Sementara itu, Cartelblog.com menyebutkan, di Mesiko dan dunia ini terdapat tiga kartel besar narkoba, yakni kartel Sinaloa, Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), dan Los Zetas.

Guzman sendiri mengendalikan kartel Sinaloa di Meksiko yang memasok kokain, ekstasi, dan narkoba lainnya ke Timur Tengah. Rupanya, distribusi narkoba tersebut dirusak oleh ISIS.

Guzman menjadi buron sejak dia melarikan diri dari penjara dengan pengamanan ketat pada 11 Juli lalu. Dia kabur dengan menggali terowongan dari penjara.

Sebelumnya, pada 2001, Guzman pernah kabur dari penjara, tetapi kembali ditangkap pada 2014.

Pejabat Meksiko mengatakan, Guzman mengalami luka di wajah dan kakinya saat kabur melalui terowongan yang dia gali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com