Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otak Teror Paris Lolos dari Sergapan Polisi Yunani

Kompas.com - 09/12/2015, 10:01 WIB
KOMPAS.com - Polisi Yunani sudah mencoba menangkap orang yang diduga merupakan dalang penyerangan di Paris, Abdelhamid Abaaoud, pada Januari, tetapi gagal.

Sumber antiterorisme Belgia mengatakan kepada BBC bahwa operasi di ibu kota Yunani, Athena, merencanakan untuk menargetkan Abaaoud sebelum adanya razia antiteror di Belgia, tetapi hal itu tidak berhasil.

Abaaoud meninggal dalam pertempuran dengan polisi Perancis lima hari setelah serangan tanggal 13 November di Paris yang menewaskan 130 orang.

Operasi di Yunani seharusnya dilakukan sebelum operasi yang kemudian dilaksanakan oleh pasukan keamanan di Verviers, timur Belgia, pada tanggal 15 Januari. Dalam operasi razia di Belgia itu terjadi tembak menembak yang menyebabkan dua tersangka meninggal.

Sampel DNA

Pihak berwenang di Yunani melacak jejak Abaaoud karena meyakininya memimpin sel teroris di Belgia lewat telepon genggam dari Athena.

Tidak jelas bagaimana dan mengapa Abaaoud dapat melarikan diri dari Yunani. Mungkin sudah dilakukan usaha untuk melacaknya melalui sinyal teleponnya, tetapi hal itu tidak berhasil.

Pihak berwenang Yunani tidak mengonfirmasikan perincian apa pun, yang diketahui hanya adalah bahwa Abaaoud berhasil lolos setelah polisi mengepung dua apartemen di Athena.

Namun melalui sampel DNA yang ditemukan di kedua apartemen ditemukan adanya kecocokan dengan sampel yang didapatkan dari mayat Abaaoud di Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com