Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Bekukan Kontak dengan Beberapa Kelompok Uni Eropa

Kompas.com - 30/11/2015, 08:26 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menangguhkan kontak dengan wakil-wakil Uni Eropa terkait proses politik dengan Palestina. Netanyahu melakukan hal itu untuk memprotes keputusan blok tersebut memberikan label pada barang ekspor Israel dari Tepi Barat.

Kementerian Luar Negeri Israel, Minggu (29/11/2015), mengatakan, Netanyahu telah memerintahkan pembekuan kontak hingga “proses penilaian kembali selesai dilakukan”.

Belum ada rincian jelas mengenai institusi mana yang akan terkena dampak keputusan itu. Proses perdamaian dengan Palestina mengalami kegagalan awal tahun lalu.

Israel juga mengatakan akan menangguhkan dialog tentang beberapa isu politik tertentu awal bulan ini ketika Uni Eropa mengeluarkan keputusan baru untuk memberikan label pada produk Israel yang dibuat di Tepi Barat.

Israel mengatakan, pemberian label itu tidak adil dan diskriminatif. Uni Eropa mengatakan, label itu merupakan gambaran yang akurat tentang asal barang karena tidak dibuat di Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com