Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Serahkan Jenazah Pilot Rusia ke Moskwa

Kompas.com - 29/11/2015, 18:51 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Jenazah seorang pilot Rusia, yang tewas saat pesawatnya ditembak jatuh Turki pekan lalu, akan diserahkan kepada perwakilan Rusia setelah diambil dari Suriah. Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mengemukakan hal itu Minggu (29/11/2015).

"Pilot yang kehilangan nyawanya dalam pelanggaran wilayah udara sudah kami terima di perbatasan (Suriah) tadi malam," kata Davutoglu kepada wartawan di Istanbul sebelum berangkat ke pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Brussels.

Davutoglu menambahkan, seorang pejabat Rusia akan segera melakukan perjalanan ke wilayah Hatay selatan bersama seorang pejabat militer Turki untuk mengambil jenazah tersebut.

Kedutaan Rusia di Turki mengatakan kepada kantor berita RIA Novosti bahwa jenazah Oleg Peskov, nama pilot tersebut, akan diterbangkan pada hari Minggu dari Hatay ke sebuah lapangan terbang di Ankara. Duta besar Rusia akan menerima jenazah itu di sana.

Kapan jenazah tersebut diterbangkan ke Rusia masih harus dikonfirmasi, kata Juru Bicara Kedutaan Rusia, Igor Mityakov, seperti dikutip.

Salah satu dari dua pilot pesawat yang jatuh Selasa lalu itu ditembak mati di Suriah setelah terjun dengan parasut dari pesawatnya yang terbakar. Pilot  yang kedua ditemukan aman dan sehat.

Militer Turki mengatakan, sebuah jet tempur Su-24 ditembak jatuh oleh dua pesawat F-16 Turki setelah pesawat tersebut melanggar wilayah udara Turki 10 kali dalam jangka waktu lima menit pada hari Selasa.

Namun Rusia mengatakan, tidak ada peringatan yang telah diberikan dan bahwa pesawat itu tidak melanggar wilayah udara Turki. Rusia pun menuntut permintaan maaf dari Turki.

Insiden tersebut telah menimbulkan hubungan antara kedua negara memburuk. Moskwa, mitra dagang utama dan pemasok energi terbesar Turki, pada hari Sabtu mengumumkan paket sanksi ekonomi terhadap Turki.

"Hubungan Turki dengan Rusia berdasarkan pada pertimbangan saling menguntungkan dan kepentingan bersama. Karena itu, saya mendesak pihak berwenang Rusia untuk mempertimbangan hal itu dan bertindak dengan kepala dingin," kata Davutoglu saat ditanya tentang sanksi Rusia itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com