Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria Melompati Pagar Gedung Putih

Kompas.com - 27/11/2015, 10:08 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang pria, yang menyelimuti diri dengan bendera Amerika, melompati pagar Gedung Putih, Kamis (26/11/2015). Saat itu, Presiden Barack Obama dan keluarganya berada di dalam gedung untuk merayakan Thanksgiving.

Pria itu dengan cepat dihadang para agen Secret Service setelah dia melewati sebuah penghalang dan melompati pagar di halaman utara yang baru-baru ini dipasangi paku-paku 18 sentimeter agar lebih sulit untuk dilompati.

Dalam sebuah pernyataan, Secret Service menyebut nama pria itu sebagai Joseph Caputo. "Caputo segera ditangkap dan dibawa ke tahanan," kata pihak Secret Service, pasukan pengawal Presiden AS.

Dua wartawan foto CNN yang melihat kejadian itu mengatakan, sejumlah petugas Secret Service menghunus senjata mereka. Beberapa anjing pelacak juga dilibatkan.

Peristiwa itu sempat membuat istana kepresidenan ditutup.

Amerika Serikat, dan kota-kota besar di AS khususnya, berada dalam keadaan siaga tinggi setelah serangan teror di Paris 13 November lalu. Namun, Obama menekankan pada Rabu bahwa tidak ada ancaman khusus terhadap AS.

Caputo membawa sebuah amplop, mengenakan kemeja biru, dan bercelana putih. Ia menjadikan bendera Amerika sebagai jubah. Demikian kata wartawan CNN.

CNN juga mengatakan, pria itu setidaknya merupakan orang ketiga yang telah memanjat pagar dan memasuki properti Gedung Putih pada tahun ini.

Secret Service berada di bawah pengawasan ketat dan pimpinannya mengundurkan diri setelah seorang veteran perang AS memanjat pagar utara dan berhasil masuk ke istana kepresidenan sambil membawa pisau pada September 2014. Pria itu masuk lewat pintu depan Gedung Putih dan berjalan mencapai beberapa ruangan sebelum akhirnya dihadang dan ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com