Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandidat dari Partai Oposisi Venezuela Ditembak Mati Saat Berkampanye

Kompas.com - 26/11/2015, 18:24 WIB
CARACAS, KOMPAS.com — Seorang kandidat dari partai oposisi di Venezuela ditembak mati saat menggelar kampanye untuk pemilihan anggota legislatif, Kamis (26/11/2015).

"Luiz Manuel Diaz, pemimpin lokal Partai Tindakan Demokratis di Altagrazia de Orituco (negara bagian Guarico), ditembak mati," kata Ketua Umum Partai Tindakan Demokratis Henry Ramos Allup melalui akun Twitter miliknya.

Ramos Allup mengatakan, saat itu Diaz sedang berdiri di samping Lilian Tintori, istri dari pemimpin oposisi Leopoldo Lopez yang dipenjara karena kasus kekerasan dalam unjuk rasa antipemerintah pada 2004 lalu.

Saat korban sedang berkampanye, tiba-tiba dia ditembak pelaku dari dalam mobil. Diduga, pelaku adalah anggota geng bersenjata yang berkaitan dengan partai berkuasa di Venezuela, yakni Partai Sosialis Bersatu.

Dalam sebuah pernyataan, Persatuan Negara Amerika Selatan (Unasur) menyesalkan peristiwa itu. Unasur menolak semua bentuk kekerasan yang bisa memengaruhi perkembangan normal proses pemilihan umum di Venezuela.

Unasur, blok regional yang terdiri dari 12 negara di Amerika Selatan itu, menyerukan untuk penyelidikan atas kasus penembakan tersebut.

Pemilihan umum pada 6 Desember mendatang di Venezuela sangat penting untuk mempertahankan kekuasaan Presiden Nicolas Maduro yang berasal dari Partai Sosialis Bersatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com