Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Rusia: Pejabat Turki Punya Kepentingan Finansial dengan ISIS

Kompas.com - 25/11/2015, 17:58 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menuding beberapa pejabat Turki memiliki "kepentingan finansial langsung" dalam perdagangan minyak dengan kelompok teroris ISIS.

Hal itu diungkapkan Medvedev saat membahas kemungkinan balas dendam Rusia terhadap Turki atas penembakan jet tempur Rusia, Su-24.

"Tindakan Turki secara de facto adalah sebuah perlindungan terhadap ISIS," kata Medvedev.

"Ini sudah tak mengejutkan lagi, mengingat informasi yang kami dapat tentang kepentingan finansial langsung dari beberapa pejabat Turki yang berkaitan dengan persediaan produk minyak yang disuling oleh pabrik yang dikontrol ISIS."

Menurut Medvedev, penembakan terhadap jet tempur Su-24 adalah tindakan sembrono dan kriminal dari otoritas Turki.

"(Penembakan pesawat) telah menyebabkan eskalasi berbahaya terhadap hubungan antara Rusia dan NATO, yang tidak bisa dibenarkan oleh kepentingan apa pun, termasuk perlindungan perbatasan negara," kata dia.

Medvedev melanjutkan, Rusia sedang mempertimbangkan pembatalan beberapa proyek penting dengan Turki dan melarang perusahaan Turki masuk ke pasar Rusia.

Rusia juga sudah merekomendasikan warga negaranya untuk tidak bepergian ke Turki karena ancaman teroris. Rekomendasi itu menyebabkan beberapa operator pariwisata menarik paket tur ke Turki dari pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com