Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Suriah Ini Akhirnya Bertemu Lagi dengan Keluarganya di Jerman

Kompas.com - 25/11/2015, 14:17 WIB
KOMPAS.com — Delapan minggu lalu, tim jurnalis ABC di Timur Tengah menemukan pengungsi Suriah berusia 62 tahun, Nazieh Husein, menangis di pantai di Pulau Lesvos, Yunani.

Ia terpisah dari keluarganya di sebuah pantai di Turki setelah penyelundup manusia mengatakan kepada mereka untuk bersembunyi dari polisi.

Nazieh tiba sendirian di pulau itu tanpa telepon, tak ada uang, dan tak ada nomor kontak orang yang ia kenal.

"Istri dan anak-anak saya sampai di pantai kemarin dan saya terpisah dari mereka, tetapi saya di sini sekarang. Saya ingin melihat mereka lagi. Ini satu-satunya keinginan saya dalam hidup," kata Nazieh sambil menangis.

Tim ABC kemudian membantu Nazieh mencari keluarganya di seluruh pulau, tetapi tak berhasil. Ia kemudian diantar ke sebuah kamp pengungsi di Athena.

Nazieh naik feri ke daratan dan berpisah dengan tim jurnalis. Ia bertekad untuk menemukan keluarganya dan para jurnalis tersebut berjanji untuk membantu.

Produser ABC di Timur Tengah, Fouad Abu Gosh, mulai menjelajahi Facebook, mencari profil yang bisa jadi merupakan anak Nazieh.

Akhirnya, Fouad menemukan orang yang tepat dan berkat saluran telepon ke Suriah, datang sebuah kabar.

Putri sulung Nazieh, Reem, tidak ikut menyeberang. Ia dan tiga anaknya tertinggal di Suriah, tetapi ia telah berhubungan dengan ibunya, serta adik-adiknya, salah satunya Abdul Rahman.

"Ponsel mereka tidak aktif. Terakhir kali saya berbicara dengan mereka, mereka berada di Serbia dan mereka mencoba untuk menyeberangi perbatasan dan telepon itu mati. Saya tak tahu di mana mereka sekarang," ujar Reem melalui sambungan telepon dari Suriah.

Reem kemudian memberi tim ABC nomor adiknya.

Dalam beberapa bulan terakhir, diperkirakan ratusan ribu orang berusaha keluar dari Timur Tengah ke seluruh dataran Eropa mencoba untuk masuk ke negara-negara yang menawarkan suaka seperti Jerman.

Ratusan keluarga terpisah

Palang Merah Internasional mengatakan, ratusan keluarga telah terpisah satu sama lain sepanjang perjalanan itu.

Di tengah-tengah kekacauan, tim ABC berhasil menemukan keluarga Nazieh di Heidelberg, Jerman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com