Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Orang Diadili karena Kebocoran Dokumen Vatikan

Kompas.com - 25/11/2015, 08:09 WIB
VATIKAN, KOMPAS.com - Lima orang, termasuk dua wartawan investigatif dan seorang pastor Spanyol, diadili di Vatikan karena membocorkan dan menerbitkan dokumen rahasia.

Kedua wartawan yang baru-baru ini menerbitkan buku tentang pemborosan keuangan dan ketidakberesan di Vatikan, menuduh Tahta Suci menyerang kebebasan pers.

Jika dihukum kelima orang ini dapat dipenjara maksimal sampai delapan tahun.

Vatikan mengatakan para penulis ini berusaha menyudutkan stafnya.

Dua lainnya adalah pastor Spanyol, Msgr Angelo Lucio Vallejo Balda, dan ahli hubungan masyarakat, Francesca Chaouqui, yang merupakan bagian dari komisi reformasi khusus bentukan Paus Fransiskus untuk mengatasi masalah keuangan Vatikan dan mengusulkan reformasi guna memperbaiki aliran uang bagi kelompok miskin.

Kedua wartawan itu, Emiliano Fittipaldi dan Gianluigi Nuzzi, mengecam keras keputusan Vatikan yang mengadili mereka karena penerbitan buku Avarice dan Merchants in the Temple.

Nuzzi mengecam pengadilan yang dipandangnya "tidak masuk akal".

Dia mengeluh dirinya tidak diberi kesempatan untuk membaca dakwaan dan hanya sempat bertemu pengacara pengadilan beberapa saat sebelum sidang dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com