Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Gempur ISIS dari Kapal Induk di Laut Tengah

Kompas.com - 24/11/2015, 09:29 WIB
KOMPAS.com — Jet-jet tempur Perancis melancarkan misi pertama menggempur posisi ISIS di Suriah dan Irak dari kapal induk Charles de Gaulle, Senin (23/11/2015).

Kapal induk Charles de Gaulle berada di Laut Tengah bagian timur dengan membawa jet-jet tempur dengan jumlah yang cukup untuk menggandakan serangan Perancis terhadap ISIS yang kini menyebut diri mereka Negara Islam.

Presiden Perancis Francois Hollande berjanji meningkatkan operasi militer terhadap ISIS setelah serangan di Paris yang diklaim dilakukan oleh pendukung ISIS pada 13 November yang menewaskan 130 orang dan melukai ratusan orang lainnya.

Serangan udara Perancis terhadap posisi-posisi ISIS di Suriah tadinya dilakukan dari pangkalan di Jordania dan Uni Emirat Arab sejak September lalu.

Gempuran dari kapal induk tersebut dilancarkan setelah Presiden Perancis Francois Hollande bertemu Perdana Menteri Inggris David Cameron di Paris hari Senin.

PM Cameron mengatakan, Inggris akan meningkatkan kerja sama dengan Perancis dalam melawan ISIS.

Ia mengatakan, Inggris mestinya bergabung dengan negara-negara yang melancarkan serangan udara terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com