Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Iran Gelar Latihan Merebut Masjid Al Aqsa

Kompas.com - 21/11/2015, 21:55 WIB
TEHRAN, KOMPAS.com - Ribuan pasukan paramiliter dari Pasukan Pengawal Revolusioner Iran yang kuat itu telah mengadakan latihan perang simulasi perebutan Masjid Al Aqsa Yerusalem dari tangan Israel

Media negara Iran melaporkan hari Sabtu (21/11/2015) bahwa pasukan tersebut menyerbu dan “membebaskan” replika masjid tadi dalam latihan.

Mereka mengatakan bahwa 120 brigade dari Basij, satuan paramiliter dari Pengawal Revolusioner, turut dalam latihan hari Jumat di luar kota suci Qom di Iran tengah.

Operasi simbolis itu didukung oleh helikopter Pengawal Revolusioner, pesawat tak berawak, dan pesawat Tucano yang mengebom kedudukan musuh yang tidak sungguhan itu yang didirikan di puncak pegunungan.

Dengan kekeliruan yang umum, pengawal mendirikan replika Masjid Al-Aqsa yang berkubah emas itu bukan masjid di dekatnya.

Foto-foto resmi menunjukkan salah seorang tentara pergi ke puncak kubah dan melambaikan bendera Iran dan bendera berwarna merah, yang melambangkan syuhada.

Kompleks puncak bukit itu, yang suci bagi Yahudi dan Muslim, telah menjadi pangkal kerusuhan berpekan-pekan antara Israel dan Palestina.

Kaum Muslim menyebut tempat itu “Haram al-Sharif,” dan masjid itu adalah tempat paling suci yang ketiga setelah Mekah dan Madinah di Arab Saudi.

Yahudi menghormati tempat tersebut sebagai Bukit Bait Suci – tempat bait-bait yang disebut dalam kitab suci dan tempat paling suci dalam agama Yahudi atau Judaisme.

Babak bentrokan sekarang ini sebagian disebabkan desas-desus bahwa Israel berencana mengambil-alih tempat itu, tuduhan yang telah dibantah keras oleh Israel.

Bentrokan di luar masjid itu pecah bulan September dan dengan cepat menyebar ke seluruh Israel dan ke Tepi Barat dan Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com