Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Serangan ISIS, Pasukan Khusus Inggris Siaga Penuh

Kompas.com - 21/11/2015, 13:37 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pasukan khusus Inggris terlihat mengejar lalu menyerbu sebuah kapal feri yang sedang berlayar.

Ini bukan aksi sesungguhnya, namun sebuah latihan yang dirancang untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi ancaman ISIS terhadap kapal-kapal Inggris.

Para petinggi keamanan Inggris yakin kelompok militan akan mencoba membajak sebuah kapal feri atau tanker lalu membunuh penumpang di atas kapal.

Tak hanya itu, setelah teroris menguasai kapal, maka mereka akan menghantamkan kapal yang sudah dimuati bahan peledak ke sebuah pelabuhan.

Pasukan khusus AL Inggris (SBS) secara dramatis meningkatkan persiapan dan latihan demi mencegah sebuah serangan di pesisir Inggris yang memiliki panjang lebih dari 30.000 kilometer.

SBS saat ini sudah mempersiapkan seluruh skuadron komandonya dalam kondisi siapa penuh untuk menghadapi berbagai ancaman.

Sementara itu, dinas intelijen Inggris meyakini sejumlah pelabuhan di negeri itu dan Eropa bisa menjadi rangkaian lemah dalam sistem pertahanan.

"Banyak pelabuhan Eropa yang secara relatif keamanannya sangat lemah dan sebuah kapal bisa saja dibajak untuk menjalankan sebuah skenario," ujar seorang sumber di dinas intelijen.

Pasukan khusus kini memfokuskan perhatian terhadap sejumlah pelabuhan penting di Inggris seperti Southampton, Harwicah dan Tilbury, yang tak jauh dari London.

"SBS sudah meningkatkan kemampuan mereka dengan seluruh skuadron bersiap menghadapi ancaman," tambah sumber itu.

"SBS juga meningkatkan 'latihan kontijensi' dalam 18 bulan terakhir, mengantisipasi insiden besar di atau dekat sebuah pelabuhan utama Inggris," lanjut sumber itu.

Selain ancaman bom yang ditaruh di kapal, para petinggi militer juga mengkhawatirkan serangan bom di lokasi pengeboran minyak di Laut Utara.

Militer juga khawatir sejumlah kapal akan digunakan untuk menyelundupkan senjata ke dalam wilayah Inggris untuk melakukan aksi bersenjata seperti di Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com