Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Khusus AS Bantu Pembebasan Sandera di Hotel di Mali

Kompas.com - 20/11/2015, 23:41 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pasukan khusus AS sedang membantu upaya menyelamatkan para sandera di sebuah hotel mewah di ibukota Mali setelah sejumlah orang bersenjata menyerbu hotel itu hari Jumat (20/11/2015).

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, warga Amerika mungkin saja ada di antara para sandera dalam drama pengepungan itu, yang terjadi tepat seminggu setelah serangan mematikan di Paris, Perancis.

"Personel Komando Operasi Khusus Forward-North dan Afrika Barat saat ini sedang membantu upaya pembebasan sandera di Radisson Blu Hotel di Bamako," kata Letnan Kolonel Michelle Baldanza. "Pasukan AS telah membantu warga sipil pindah ke lokasi aman, sementara pasukan Mali membersihkan hotel dari orang-orang bersenjata."

Sejumlah pria bersenjata menawan 125 tamu dan 13 karyawan sebagai sandera, kata jaringan hotel Radisson.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, John Kirby, mengatakan, "Kami menyadari warga negara AS mungkin ada di hotel itu. Kedutaan AS di Bamako sedang berusaha untuk memverifikasi informasi ini."

Orang-orang bersenjata itu diyakini telah memasuki hotel 190 kamar itu pada sekitar pukul 14.00 WIB hari Jumat. Mereka menggunakan sebuah mobil bernomor pelat diplomatik sebelum menawan para tamu dan staf. Serangan yang diduga telah dilakukan kaum militan berlatar agama itu telah menewaskan sedikitnya tiga orang.

Sejumlah saksi mata mengatakan, ada "sekitar belasan" penyerang bersenjata, sementara sumber-sumber keamanan mengatakan hanya ada dua atau tiga orang penyerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com