Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Manfaatkan Krisis Pengungsi untuk Menyusup ke Perancis

Kompas.com - 20/11/2015, 15:04 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Orang-orang yang diduga terkait dengan kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS yang melancarkan serangkaian serangan di Paris pekan lalu mempergunakan kesempatan dari krisis pengungsi di Eropa untuk menyusup ke Perancis.

Pernyataan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Perancis Manuel Valls dalam wawancara dengan stasiun televisi Perancis pada Kamis (19/11/2015).

"Orang-orang itu mempergunakan peluang dari krisis pengungsi, dari kekacauan, bagi beberapa di antara mereka untuk menyusup," katanya.

"Beberapa orang lain sudah ada di Belgia. Orang-orang lain, saya ingatkan, sudah ada di Perancis."

Valls mengatakan, sejauh ini belum diketahui apakah masih ada orang-orang atau kelompok-kelompok yang masih belum teridentifikasi.

Menurut PM Perancis itu, keberadaan salah satu tersangka, Salah Abdeslam, belum diketahui. Aparat keamanan, baik di Perancis maupun Belgia, melancarkan operasi untuk mencari warga Belgia keturunan Maroko itu.

Dalam perkembangan lain, Perancis mengajukan rancangan resolusi ke PBB, menyerukan dukungan internasional dalam memerangi ISIS menyusul serangan di Perancis, Jumat (13/11/2015) lalu.

Rancangan resolusi tersebut merupakan bagian dari strategi Presiden Perancis Francois Hollande untuk mengoordinasi aksi internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com