Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian "Blue Moon" Catat Rekor Harga Rp 657 Miliar pada Lelang di Geneva

Kompas.com - 12/11/2015, 13:46 WIB
GENEVA, KOMPAS.com — Sebuah berlian 12,03 karat yang dijuluki "Blue Moon" terjual seharga 48,6 juta franc Swiss (48,4 juta dollar AS) atau sekitar Rp 657 miliar dalam sebuah lelang di Geneva, Rabu (11/11/2015).

Harga tersebut tercatat sebagai rekor dunia yang baru untuk harga berlian, seperti dikatakan pihak dari rumah lelang Sotheby.

Berlian yang berkilau itu, yang digambarkan para pakar sebagai sempurna, dibeli seorang kolektor pribadi dari Hongkong. Kolektor tersebut segera menamai berliannya itu dengan sebutan "The Blue Moon of Josephine".

Penjualan yang memecahkan rekor itu terjadi sehari setelah rumah lelang Christie, saingan Sotheby, menjual berlian warna pink 16,08 karat yang tergolong langka seharga 28,5 juta dollar (atau Rp 386 miliar).

Berlian itu merupakan yang terbesar dari jenisnya yang pernah muncul dalam lelang.

Pembelinya juga dari Asia. Setelah dibeli, berlian itu pun di beri nama baru, "Sweet Josephine".

David Bennett, kepala divisi perhiasan internasional Sotheby, mengatakan, penjualan "Blue Moon" memecahkan sejumlah rekor. Penjualan itu membuat batu permata itu menjadi "berlian paling mahal, terlepas dari warnanya, dan menjadi permata paling mahal yang pernah dijual dalam lelang".

Rekor dunia sebelumnya untuk sebuah batu permata yang dijual dalam lelang dipegang permata "Graff Pink" 24,78 karat, yang dijual Southeby seharga 46,2 juta dollar AS pada November 2010.

Dalam lelang untuk "Blue Moon" itu, dua penawar terkunci dalam perang penawaran via telepon selama delapan menit sebelum keputusan dijatuhkan. Perkiraan harga pra-penjualan terhadap berlian itu adalah 35 juta dollar AS sampai 55 juta dollar AS.

Berlian tersebut ditemukan di Afrika Selatan pada Januari tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com