Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengepungan ISIS atas Bandara Dekat Aleppo Berakhir

Kompas.com - 11/11/2015, 09:57 WIB
ALEPPO, KOMPAS.com - Pasukan pemerintah Suriah berhasil mengakhiri pengepungan kelompok militan Negara Islam atau ISIS atas sebuah pangkalan udara di sebelah timur Aleppo, Suriah utara.

Kantor berita pemerintah Suriah, Sana, melaporkan tentara sudah melakukan kontak dengan pasukan yang mempertahankan pangkalan udara militer Kweyris selama dua tahun belakangan dan menewaskan sejumlah besar militan ISIS.

Pangkalan tersebut menjadi sasaran serangan para militan Islam selama hampir dua tahun.

Sejumlah pasukan pemerintah di dalam pangkalan berupaya bertahan dari serangan, sementara kelompok milisi pro-pemerintah membantu dengan dukungan serangan udara Rusia.

Serangan yang berhasil atas pangkalan itu dilakukan sepekan setelah tentara Suriah berperang melawan militan ISIS untuk merebut jalan di sebelah tenggara Aleppo dan menguasai kembali satu-satunya rute pasokan ke dalam kota.

Kawasan sekitar Aleppo dilanda perang sengit dalam beberapa pekan belakangan sejalan dengan upaya pasukan pemerintah, yang didukung oleh para pejuang Iran dan Lebanon, dalam melancarkan serangan untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai militan Islam.

Dalam insiden terpisah, sedikitnya 22 orang tewas dan sejumlah lainnya cedera akibat tembakan meriam kelompok pemberontak di kota Latakia dan diperkirakan jumlah korban jiwa masih akan bertambah.

Latakia berada di kawasan pendukung kuat Presiden Bashar al-Assad dan selama ini tidak banyak terkena dampak konflik, yang diperkirakan sudah menewaskan lebih dari 250.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com