Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Senegal Serukan Negara-negara Afrika Dukung Islam Toleran

Kompas.com - 10/11/2015, 22:22 WIB
DAKAR, KOMPAS.com — Presiden Senegal Macky Sall menyerukan negara-negara Afrika untuk mendukung "Islam toleran" dan berbagi intelijen untuk memerangi kelompok pejihad.

"Kita harus mengembangkan wacana teologis dan fiosofis, melatih para imam dengan pengertian Islam toleran," kata Sall saat menyampaikan pidato di Forum Internasional Dakar tentang Perdamaian dan Keamanan di ibu kota Senegal.

"Kita tidak akan membiarkan mereka (kelompok pejihad) untuk memaksakan bentuk lain agama dengan praktik-praktik yang tidak sesuai dengan tradisi kita atau konsepsi kita tentang Islam," katanya, lantas menambahkan bahwa kewajiban mengenakan jilbab penuh sebagai contoh ekstremisme.

"Kita harus memiliki keberanian untuk melawan bentuk Islam yang berlebihan ini," Sall menambahkan.

Senegal adalah negara sekuler di Afrika barat di mana lebih dari 92 persen dari perkiraan populasi 14 juta adalah Muslim.

Pernyataan Presiden Senegal sejalan dengan seruan Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian yang mendukung moderat interpretasi tentang Islam moderat dan melawan propaganda Islam radikal melalui media sosial.

Sall juga mendorong untuk berbagi intelijen yang lebih baik antara negara-negara Sahel di tepi selatan Sahara dalam upaya memerangi kelompok-kelompok jihad bersenjata yang beroperasi lintas batas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com