Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar yang Pernah Dipakai Lennon Dihargai Rp 32 Miliar

Kompas.com - 09/11/2015, 11:23 WIB
CALIFORNIA, KOMPAS.com — Sebuah gitar akustik yang pernah dimainkan salah seorang pentolan The Beatles, John Lennon, terjual lewat lelang di California senilai 2,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 32 miliar.

Lennon menggunakan gitar Gibson J-160E untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti "Love Me Do" dan "I Want to Hold Your Hand".

Selama lebih dari 50 tahun, keberadaan gitar tersebut tidak diketahui sampai seorang pria di California tahun lalu menemukan bahwa gitar miliknya mungkin punya nilai sejarah yang tinggi.

Kantor berita AP menyebutkan, nama pria itu adalah John McCaw dari San Diego, yang membeli gitar tersebut seharga 275 dollar AS pada akhir 1960-an.

Tahun lalu, dia menemukan sebuah majalah dengan tulisan tentang George Harrison, dan melihat foto yang juga memperlihatkan gitar tersebut.

McCaw kemudian berkonsultasi dengan seorang ahli instrumen Beatles, Andy Babiuk, yang mengidentifikasinya sebagai gitar yang pernah digunakan Lennon setelah membandingkannya dengan foto-foto ketika Lennon memainkannya.

Gitar yang digunakan Lennon merupakan satu dari dua jenis gitar tersebut yang dikirim dari Amerika Serikat ke Inggris pada tahun 1962 untuk digunakan John Lennon dan George Harrison.

Belakangan ini, sejumlah barang milik The Beatles berhasil dijual dengan harga yang tinggi, antara lain jaket yang dikenakan George Harrison dan Ringo Starr dalam film The Beatles tahun 1965, Help!, ataupun kontrak rekaman pertama The Beatles yang dilelang di New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com