Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kirim Anti-Misil untuk Lindungi Pesawatnya di Suriah

Kompas.com - 05/11/2015, 22:11 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Kepala angkatan udara Rusia mengatakan, Kamis (5/11/2015), militer telah mengirimkan misil anti-pesawat ke Suriah untuk melindungi pesawat Rusia yang telah melakukan serangan udara di sana sejak akhir September.

Kolonel Jenderal Viktor Bondarev mengatakan dalam wawancara dengan surat kabar Komsomolskaya Pravda bahwa jet Rusia berisiko diserang atau dibajak selama menjalankan misi mereka.

Serangan udara Rusia diamati dengan cermat oleh pihak lain yang beroperasi di wilayah itu, terutama Amerika Serikat, yang telah memimpin koalisi sejumlah negara membom militan ISIS selama lebih dari satu tahun.

Diplomat AS mengatakan, Rabu (4/11/2015) bahwa 85 sampai 90 persen serangan udara Rusia di Suriah telah menghantam pemberontak Suriah yang moderat dan bukan kelompok ISIS. Asisten Menteri Luar Negeri Anne Patterson dan Victoria Nuland memberi penilaian itu dalam pernyataan di hadapan Komite Urusan Luar Negeri DPR.

Secara terpisah, juru bicara Departemen Pertahanan AS Kolonel Steve Warren mengatakan kepada wartawan bahwa serangan udara Rusia yang menyasar ISIS di Suriah kurang dari 10 persen.

Diplomat dan pejabat militer Rusia bersikeras mengatakan, serangan udara ditujukan pada ekstremis Negara Islam. Tetapi klaim itu diperdebatkan oleh AS dan pihak-pihak lain yang mengatakan Rusia terlalu sering mengebom pejuang oposisi Suriah yang tidak memiliki hubungan dengan atau setia kepada militan ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com