Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Berusia 5.000 Tahun di Inggris Berubah Kelamin

Kompas.com - 02/11/2015, 21:38 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Sebuah pohon kuno berusia 5.000 tahun di Inggris mulai berubah jenis kelamin. Ahli botani mengaku belum bisa memahami perubahan kelamin yang menjadi fenomena jarang dan tak biasa itu.

Pohon Fortingall Yew di Perthshier, Skotlandia tengah, selama ratusan tahun tercatat berjenis kelamin jantan, namun baru-baru ini tumbuh buah beri, menunjukkan bahwa setidaknya sebagian dari pohon berubah jenis kelamin.

"Ini kejadian jarang dan tak biasa serta sepenuhnya tak bisa dipahami," jelas Max Coleman dari Royal Botanic Garden Edinburgh, yang menemukan buah beri di pohon tersebut, Senin (2/11/2015).

"Diperkirakan ada perubahan keseimbangan senyawa hormon yang akan menyebabkan pohon ini ganti kelamin. Salah satu hal yang memicu perubahan itu stres lingkungan," lanjut Coleman.

Coleman mengatakan, kendati terjadi perubahan kelamin, namun pohon tersebut tampak sehat sehingga bisa diamati lebih jauh perkembangan ke depannya.

Pohon keriput itu terletak di halaman gereja tua, dan  sulit menua karena kayu batangnya -- kayu di tengah pohon-- sudah lama membusuk.

Para ilmuwan mampu memperkirakan pohon tersebut dengan membandingkan ukuran saat ini dengan pengukuran yang dilakukan pada tahun 1700 an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com