Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepis Salah Paham soal Islam, 14 Masjid di Australia Gelar "Open Day"

Kompas.com - 30/10/2015, 16:12 WIB
TASMANIA, KOMPAS.com — Sebanyak 14 masjid di Australia akan menggelar open day. Program National Mosque Open Day itu ditujukan untuk menepis kesalahpahaman mengenai Islam.

Salah satu dari 14 masjid yang menggelar open day itu adalah Masjid Hobart yang merupakan satu-satunya tempat ibadah Muslim di Tasmania. Masjid Hobart akan menggelar open day pada Sabtu (31/10/2015) besok.

Menurut catatan ABC, setidaknya 14 masjid se-Australia akan mengundang warga di sekitarnya untuk berkunjung dan melihat langsung masjid-masjid tersebut.

Pemuka masyarakat Muslim di Hobart, Sabri Samson, menjelaskan kepada ABC bahwa kegiatan ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mengenal kepercayaan orang Islam.

Menurut Sabri Samson, bagi sebagian kalangan, mungkin ini akan menjadi pengalaman pertama bagi mereka memasuki rumah ibadah orang Islam.

"Di dalam masjid tidak ada gambar atau patung. Tidak ada kursi atau bangku panjang. Hanya alas lantai berupa karpet," kata Sabri kepada wartawan ABC, Jo Spargo.

Masjid Hobart sudah berdiri di Jalan Warwick sejak tahun 1985. 

Sabri Samson menjelaskan, dalam open day itu, para pengunjung mungkin akan menanyakan berbagai hal terkait agama Islam.

Sabri yang pernah bekerja sebagai guru selama ini cukup giat menepis prasangka mengenai kelompok seperti ISIS yang dikaitkan dengan agama Islam.

"Itu jelas-jelas bukan bagian dari agama Islam. Agama ini tidak menganjurkan pembunuhan, pemerkosaan. Lagi pula, korban ISIS itu adalah orang Islam, dan fakta ini cukup aneh," ujarnya.

"Semoga kita tidak memiliki kelompok seperti itu di Tasmania," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com