Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur AS Cegat Pesawat Rusia di Semenanjung Korea

Kompas.com - 30/10/2015, 11:26 WIB
KOMPAS.com — Angkatan Laut AS menerbangkan empat jet tempur F/A-18 untuk mencegat pesawat Rusia yang terbang di dekat kapal induk AS di Semenanjung Korea.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa pesawat Rusia terbang dekat USS Ronald Reagan pada saat latihan militer gabungan dengan Korea Selatan.

Josh Earnest mengatakan bahwa peristiwa tersebut "tidak berujung pada konfrontasi yang signifikan".

Hubungan Rusia-AS tengah menegang, terutama karena konflik di Ukraina timur dan Suriah.

Earnest mengatakan bahwa ada "ketidaksepakatan yang kuat" antara dua negara tersebut, tetapi kondisi itu tidak mencerminkan kejadian pada Perang Dingin.

Pejabat AL AS mengatakan kepada Reuters bahwa dua pesawat Rusia Tu-142 Bear terbang dalam jarak beberapa mil laut dari kapal Reagan.

Peristiwa itu terjadi di perairan internasional di Laut Jepang pada Rabu (28/10/2015), demikian pernyataan Gedung Putih.

Pesawat militer Korea Selatan terlebih dahulu mencegat pesawat Rusia tersebut sebelum pesawat jet Amerika Serikat mengawalnya keluar dari kawasan.

Peristiwa ini terjadi beberapa hari setelah kapal Angkatan Laut AS membuat marah Pemerintah China dengan berlayar di dekat pulau buatan yang dibangun Beijing di perairan Laut China Selatan yang tengah menjadi perdebatan.

Panglima Angkatan Laut China dan Amerika Serikat berbicara lewat video pada Kamis (29/10).

Panglima AS John Richardson dan panglima China Admiral Wu Shengli membicarakan pentingnya menjaga dialog.

Patroli oleh USS Lassen pada Selasa dilihat sebagai upaya menantang klaim teritorial China di Spratly, langkah yang banyak mendapat perlawanan dari negara-negara lain di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com