Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gigi Hiu Kuno Berusia Jutaan Tahun Ditemukan di Pantai Australia

Kompas.com - 26/10/2015, 16:59 WIB
NORTH CAROLINA, KOMPAS.com — Seorang pengunjung Pantai North Topsail di negara bagian North Carolina, Amerika Serikat (AS), menemukan fosil gigi hiu langka yang diduga berusia jutaan tahun.

Danny Bland, sang penemu fosil gigi hiu di pantai timur AS, mengatakan, "Saya merasa seperti pemenang lotre.... Ya Tuhan, saya adalah yang pertama menyentuhnya sejak gigi itu keluar dari mulut hiu jutaan tahun lalu."

Cynthia Crane, Direktur Museum Fosil Aurora, North Carolina, mengatakan, gigi hiu itu berasal dari spesies megalodon.

"Megalodon sebesar ini, hiu raksasa yang menjelajahi jalur laut kuno selama masa Miocene-Pliocene, terutama pertengahan Miocene ke Pliocene, yang terjadi 15 juta hingga 5 juta tahun yang lalu," ujarnya.

"Senang bisa menemukannya. Senang melihat ada orang yang menemukan fosil karena itu membantu jejak masa lalu dan catatan palaentologi North Carolina."

Holly Ridge dari media online Surf City, yang mengunggah foto gigi hiu itu secara online, mengatakan tak aneh menemukan fosil seperti itu di pantai.

"Kami biasanya menemukan 1-2 fosil per tahun di sepanjang pantai, di tenggara North Carolina. Gigi itu panjangnya di bawah 6 inci, yang merupakan ukuran penuh dari gigi hiu spesies ini," ujarnya.

"Gigi terbesar yang pernah ditemukan berukuran lebih dari 7 inci," tambahnya.

Penemuan ini telah mengekspos komunitas pantai ke sejumlah media secara internasional, dan membuat Danny, sang penemu, tersenyum lebar.

"Saya tak bisa mendapatkan jutaan dollar, tetapi bisa sebahagia ini.... Bahkan, gigi hiu yang kecil bisa membuat Anda sangat bersemangat," aku Danny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com