Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Korupsi, Anggota Partai Komunis China Dilarang Main Golf

Kompas.com - 25/10/2015, 08:18 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China melarang 88 juta anggota Partai Komunis bermain golf. Ini adalah langkah terbaru dalam upaya memerangi korupsi di negeri itu.

"Di antara daftar disiplin itu termasuk jamuan makan mewah dan bermain golf sebagai sebuah pelanggaran," demikian kantor berita Xinhua.

Masih kata Xinhua, aturan ini agar 88 juta anggota Partai Komunis untuk memberi contoh hidup sederhana dan menjauhi kemewahan.

"Hubungan seksual tak lazim juga bisa mengakibatkan seorang anggota partai dipecat," demikian dikabarkan harian People's Daily.

Aturan baru ini diberlakukan pada 12 Oktober lalu. Belum diketahui alasan mengapa aturan baru ini baru dipublikasikan menjelang akhir pekan lalu.

Tuduhan melakukan hubungan seksual yang tak pantas kerap dijeratkan untuk para pejabat senior yang diduga menerima suap seperti Bo Xilai dan Zhou Yongkang.

Publik China juga kerap menyoroti kebiasaan menyantap makanan mewah yang kerap dilakukan para petinggi negeri itu.

Golf sangat populer di antara para pejabat negara. Namun, Partai Komunis telah berusaha menjauhkan anggotanya dari olahraga itu.

Akhir tahun lalu, Partai Komunis melarang anggotanya di Provinsi Guangdong bermain golf dalam jam kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com