Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Partai Komunis China Dilarang Gabung Klub Golf

Kompas.com - 23/10/2015, 09:28 WIB
KOMPAS.com - Partai Komunis China mengeluarkan peraturan terbaru yang melarang 88 juta anggotanya bergabung dalam klub-klub golf.

Aturan tentang kedisiplinan partai ini juga tidak membolehkan anggota makan minum secara mewah dan berlebihan atau menyalahgunakan kekuasaan, kata kantor berita resmi China, Xinhua.

Sebelumnya di masa lalu partai ini telah memperingatkan pejabatnya untuk menahan diri dari makan malam mewah berlebihan atau membeli kue untuk hari bulan dari dana masyarakat.

China sudah memberlakukan gerakan antikorupsi yang keras sejak 2012.

Peraturan baru mengenai golf ini menyatakan bahwa para anggota partai dilarang "mendapatkan, memegang atau menggunakan kartu keanggotaan untuk pusat-pusat kebugaran, klub-klub, klub golf, atau berbagai jenis lain kartu konsumen, atau memasuki klub-klub swasta".

Jika tertangkap, para anggota dapat diberi peringatan atau dikeluarkan dari partai, tergantung pada beratnya pelanggaran.

Peraturan baru ini tidak menjelaskan mengapa bergabung dalam klub golf dilarang, tetapi klub-klub seperti itu sudah sering dipandang masyarakat China sebagai tempat para pejabat melakukan kesepakatan gelap.

Pada September, media setempat melaporkan paling tidak 60 karyawan di perusahaan-perusahaan milik negara dihukum karena menggunakan uang rakyat untuk bermain golf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com