Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Tak Akan Maju pada Pilpres AS

Kompas.com - 22/10/2015, 11:09 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengakhiri spekulasi yang telah berkembang selama berbulan-bulan dengan mengumumkan bahwa ia tidak akan maju pada pemilihan presiden tahun depan.

Saat berbicara di samping Presiden Barack Obama dan istrinya Jill, Biden mengatakan, keluarganya masih berduka dengan kematian anaknya, Beau, akibat kanker otak pada Mei lalu.

Politikus berusia 72 tahun ini juga mengatakan, dirinya meyakini sekarang tidak tersedia cukup waktu untuk mempersiapkan diri dan memenangi nominasi di Partai Demokrat.

Biden menambahkan bahwa meski dirinya tidak menjadi bakal calon presiden, ia tidak akan pasif selama kampanye.

"Saya akan berbicara secara tegas dan jelas tentang posisi-poisisi partai kita dan ke mana negara ini akan diarahkan," kata Biden.

Sejumlah pihak mengatakan, keputusan Biden untuk tidak maju sebagai bakal calon presiden akan disambut gembira oleh salah satu calon unggulan Demokrat, Hillary Clinton.

Mantan menteri luar negeri ini berhasil menggalang dana puluhan juta dollar sejauh ini dan mendapatkan dukungan partai secara signifikan.

Istri Bill Clinton itu pada 2008 maju sebagai bakal calon presiden dari Demokrat sebelum akhirnya disingkirkan oleh Barack Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com