Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon yang Ditikam Terpilih Jadi Wali Kota Koeln

Kompas.com - 19/10/2015, 13:37 WIB
KOELN, KOMPAS.com — Seorang politikus, yang ditikam dalam sebuah serangan pada kampanye Sabtu lalu, terpilih dalam pemilihan wali kota Koeln, Jerman.

Henriette Reker, calon independen yang didukung CDU, partai Angela Merkel, menurut petugas pemilihan, memenangi 52,7 persen suara.

Politikus itu kini masih dirawat di rumah sakit dengan luka parah yang dideritanya. Namun, kondisinya disebutkan stabil.

Tersangka penyerang yang merupakan warga Jerman, menurut petugas, melakukan perbuatan itu karena tidak suka terhadap kebijakan imigrasi Jerman.

Jerman mengalami kesulitan dalam menangani gelombang pencari suaka. Henriette Reker saat itu bertugas mengupayakan akomodasi bagi para pendatang yang datang di Koeln, atau dikenal juga sebagai Cologne.

Jaksa penuntut mengatakan, tersangka berusia 44 tahun yang namanya tak disebut itu akan dibidik dengan pasal upaya pembunuhan dan melakukan serangan fisik yang berbahaya.

Menurut jaksa dan polisi, berdasarkan pemeriksaan kejiwaan, ia bisa dituntut secara pidana.

Disebutkan pula bahwa pelaku tak memiliki catatan kriminal di kepolisian, dan diduga bertindak sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com