Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkotika Meksiko Terluka Dalam Operasi Penangkapan

Kompas.com - 18/10/2015, 18:41 WIB
KOMPAS.com - Gembong narkotika Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman yang buron mengalami luka di wajah dan kaki saat kabur dari kejaran polisi yang berusaha menangkapnya.

Operasi penangkapan tersebut berlangung di barat laut Meksiko dalam beberapa hari terakhir meski detilnya belum disampaikan.

Guzman, bos kartel Sinaloa, kabur dari penjara dengan tingkat keamanan tinggi pada bulan Juli lalu lewat terowongan yang digali khusus.

Kaburnya dia dari penjara membuat malu Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto.

Lewat pernyataan, pemerintah mengatakan bahwa upaya untuk menangkap kembali Guzman berfokus di barat laut Meksiko, tak jauh dari negara bagian asal Guzman, Sinaloa.

"Sebagai efek dari operasi tersebut, dan untuk menghindari polisi, dalam beberapa hari terakhir, buronan melakukan perpindahan yang cepat, sehingga berdasarkan informasi yang diterima, mengalami luka di satu kaki dan muka," menurut pernyataan tersebut.

"Penting untuk diketahui bahwa luka-luka ini bukan karena bentrokan langsung," lanjut pernyataan tersebut tanpa memberikan detil lebih lanjut.

Pernyataan tersebut menambahkan, "Aparat keamanan akan melanjutkan semua tindakan yang memungkinkan penangkapan kembali buron kriminal ini."

Meksiko sudah menahan beberapa petugas penjara sejak kaburnya Guzman.

Menurut penyelidik, dia mendapat bantuan orang dalam untuk kabur dari terowongan sepanjang 1,5 kilometer di bawah pancuran mandi di selnya sampai ke luar penjara.

Setelah kabur, Guzman sering menggunakan Twitter untuk mengejek polisi dan menghina Presiden Pena Nieto.

Guzman pertama ditangkap di Guatemala pada 1993 dan menghabiskan hampir satu dekade dalam penjara berkeamanan maksimum lain sebelum kabur menggunakan keranjang berisi cucian.

Dia kabur selama 13 tahun sebelum tertangkap pada 2014 setelah serangkaian penangkapan terhadap rekannya dan pengamatan diam-diam oleh pemerintah AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com