Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Saudara Bertemu Lagi dengan Adik Mereka Setelah Terpisah 49 Tahun

Kompas.com - 15/10/2015, 09:06 WIB
Tangguh Sipria Riang

Penulis

Sumber Mirror
EDINBURGH, KOMPAS.com — James Buckley (70) dan Michael Buckley (68) tak kuasa menahan air mata saat keduanya bertemu lagi dengan adik mereka, John Buckley (65). Itu merupakan reuni pertama bagi dua saudara tersebut dengan adik mereka setelah terpisah selama 49 tahun sejak pernikahan James di Edinburgh pada 10 Desember 1966.
 
"Sangat menakjubkan melihat John secara langsung. Ini luar biasa. Saya tidak pernah berpikir akan melihatnya lagi," kata James.
 
James menuturkan, kehidupan keluarganya cukup rumit hingga akhirnya adiknya, John, memutuskan untuk pergi dari rumah, tepatnya setelah ibu mereka, Sarah, meninggal dunia karena komplikasi setelah melahirkan anak keempat, Patrick.
 
Sang ayah memutuskan untuk menitipkan ketiga anak tertua di rumah perawatan anak Katolik Nazaret di Aberdeen. Setelah berusia tiga tahun, Patrick juga ikut bergabung dengan saudaranya di rumah perawatan. Namun, Patrick meninggal dalam kecelakaan karbon monoksida sembilan tahun kemudian.
 
James pun kembali tinggal bersama ayah mereka di Glasgow ketika ia keluar dari rumah perawatan pada usia 15 tahun. Namun, dia hanya tinggal seminggu di sana karena memutuskan untuk memulai hidup baru di Edinburgh.
 
"Itu sekitar tahun 1953 ketika kami dikirim untuk tinggal di rumah perawatan. Kami tidak pernah benar-benar mengerti apa yang terjadi. Namun, kami tidak punya pilihan," ungkapnya.
 
Setelah mendapat pekerjaan pada usia 16 tahun, James tetap berhubungan dengan Michael yang masih berada di rumah perawatan.
 
"Saya terus memeriksa tanggal untuk Michael ketika ia akan dikeluarkan dan ketika ia akhirnya keluar, ia pergi ke East Kilbride," tuturnya.
 
Namun, beberapa minggu kemudian, James mengajak Michael untuk tinggal di Leith bersamanya. Hal itu juga dilakukan terhadap John saat diizinkan keluar dari rumah perawatan.
 
Setelah itu, James melangsungkan pernikahan yang dihadiri kedua saudaranya tersebut.
 
Namun, tak lama setelah pernikahan James, John hijrah ke London dan kehilangan kontak dengan saudaranya.

Selama bertahun-tahun, James dan Michael melakukan pencarian terhadap John. Pencarian pun dilakukan melalui ratusan buku telepon, surat, pencarian online, dan bahkan Facebook.

 
Michael dan istrinya, Ellen, telah mendedikasikan hidup mereka untuk melakukan hal itu.  "Kami menghabiskan ratusan pound dan waktu berjam-jam untuk mencari John. Benar-benar sulit untuk menemukan John karena kami tidak tahu seperti apa rupanya sekarang," ujarnya.
 
Hingga suatu ketika, James menemukan terobosan baru saat keluarganya beralih ke perusahaan pencarian online, Find a Monkey.
 
Ternyata, John diketahui tinggal di dekat Blackpool. Hal itu diberitahukan kepada Michael, Kamis (8/10/2015) lalu. "Michael dan saya sangat terguncang dan kami merasa tidak percaya," ungkapnya.
 
Sehari setelahnya, Jumat pukul 16.30 waktu setempat, James menghubungi nomor kontak John yang disambut istrinya. "Saya berkata, 'Halo, ini James, bisakah saya berbicara dengan saudara saya?'" Lalu terdengar suara tangis tersedu," kata James.
 
James juga bisa mendengar John yang ikut menangis begitu mengetahui telah dhubungi kakaknya. "Untuk pertama kalinya selama hampir lima dekade, saya bisa berbicara dan bertemu kembali dengan adik saya. Saya ingin orang tahu bahwa bahkan setelah sekian lama, masih ada harapan untuk melacak keluarga Anda selama tidak putus asa," kata James.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com