Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Ogah Jual Tanah dan Rumah, Pengembang Bikin Parit Sedalam 1,5 Meter

Kompas.com - 13/10/2015, 16:56 WIB
HUBEI, KOMPAS.com - Karena tidak bisa mengusir petani tua dan istrinya dari rumah mereka, pengembang di China menggali tanah di sekeliling rumah itu sedalam 1,5 meter. Hal itu dilakukan agar mereka tidak bisa keluar dari rumah tersebut.

Pasangan petani tersebut masing-masing bernama Yin Yangju (52) dan suaminya, Xiao Ming. Mereka mengaku sudah tiga dekade tinggal di rumah di kampung di luar Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei. Namun akhir-akhir ini seorang pengembang berusaha untuk mengambil tanah dan menghancurkan rumah mereka. Karena kompensasi yang terlalu murah, keduanya menolak menandatangani persetujuan.

Karena negosiasi gagal, pengembang yang frustasi pada Sabtu lalu mengambil eksavator lalu menggali tanah sedalam 1,5 meter mengeliling rumah petani itu. Galian itu terlalu dalam sehingga pasangan suami istri yang sudah tua itu sulit keluar dari halaman rumahnya.

Dengan bantuan pemerintah lokal, para pengembang telah menghancurkan 545 rumah di aderah tersebut dan menyisakan 4 unit. Pemilik 4 rumah yang enggan dihancurkan itu mengaku nilai tanah dan rumah tidak sebanding dengan kompensasi yang ditawarkan pengembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com