Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2015, 15:00 WIB
TEXAS, KOMPAS.com — Mahasiswa di Texas, AS, berencana melakukan aksi menggantung peranti seks dildo di tas mereka sebagai bentuk protes terhadap aturan yang membolehkan mahasiswa membawa senjata tersembunyi ke kampus.

“Kalian bawa pistol ke kelas? Baiklah, kami bawa DILDO ke kelas,” tulis Jessica Jin, panitia Campus (DILDO) Carry, di laman Facebook-nya.

Sekitar 3.000 orang telah menandatangani dukungan terhadap protes yang direncanakan dilakukan tahun depan, ketika undang-undang baru tersebut mulai berlaku.

Gubernur Negara Bagian Texas, Greg Abbott, menyetujui peraturan "senjata di kampus", Juni 2015. Dengan UU tersebut, kampus dibolehkan membuat “zona bebas senjata”.

“Lihatlah, sekarang di Texas, bukanlah hal buruk membawa senjata ke kelas. Sementara kebebasan dalam mengeskpresikan seksualitas diatur sangat ketat di sini,” klaim Jin, yang merupakan mahasiswi Universitas Texas, di Austin.

Kontroversi

Minggu lalu, profesor ekonomi Universitas Texas, Daniel Hamermesh, mengundurkan diri karena merasa tidak aman, menyusul akan segera diberlakukannya undang-undang baru itu.

Banyak warga Texas menilai, mempersenjatai warga sipil dan membuat mereka berhadap-hadapan langsung dengan "penyerang" hanya akan menambah kekacauan dan jumlah korban jiwa.

Ketika terjadi penembakan di Roseburg, Oregon, beberapa waktu lalu, seorang mahasiswa sebenarnya memiliki senjata. Namun, dia tidak menggunakannya karena takut polisi akan salah sangka dan menudingnya sebagai pelaku.

Sementara aktivis pendukung penggunaan senjata menentang tindakan Jin di laman Facebook Campus (DILDO) Carry.

“Ini adalah salah satu contoh degradasi moral di kampus Amerika,” tulis seorang pengkritik.

“Sebagai orangtua, saya lebih merasa nyaman mengetahui anak saya membawa pistol ke kampus daripada membawa dildo,” ungkap komentar lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com