Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Migran Indonesia di Singapura Galang Sejuta Masker untuk Sumatera

Kompas.com - 13/10/2015, 12:36 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


SINGAPURA, KOMPAS.com — Buruh migran Indonesia yang berada di Singapura menggalang dana untuk ikut membantu warga yang masih terselubung kabut asap di Sumatera dan Kalimantan.

Melalui organisasinya yang bernama Indonesian Family Network (IFN), buruh migran yang merasa prihatin dan peduli akan kondisi warga di daerah yang terselimut kabut asap meluncurkan gerakan bernama IFN Singapura Peduli Sejuta Masker untuk Sumatera. Dalam sebuah pernyataannya, IFN mengatakan, dana hasil penggalangan disalurkan ke dua provinsi yang terkena dampak serius kabut asap tahunan ini, yaitu Riau dan Jambi.

Hanya dalam kurun waktu seminggu, yaitu dari 14 sampai 20 September 2015, IFN berhasil mengumpulkan dana 390 dollar Singapura (atau sekitar Rp 3,9 juta). Dana itu telah dikirim ke sejumlah sekolah di Jambi, seperti SDN 47 Jambi dan SMU 2 Jambi.

Sampai akhir pekan lalu, masih ada sejumlah dana yang belum terpakai dan rencananya akan terus disalurkan.

Kaum buruh migran Indonesia di Singapura berharap pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan mengambil langkah konkret untuk menyelamatkan hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com