Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Peringatkan AS soal Laut China Selatan

Kompas.com - 10/10/2015, 02:46 WIB

KOMPAS.com - China memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak berlayar mendekat ke kepulauan di Laut China Selatan yang mereka klaim kedaulatannya.

Berbagai media melaporkan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan kapal ke sebuah pulau buatan di Laut China Selatan. Kapal itu direncanakan untuk masuk ke wilayah 12 mil laut yang yang diklaim oleh Beijing sebagai wilayah perairan mereka.

Menanggapi persiapan ini, Jumat (9/10/2015), juru bicara kementerian luar negeri di Beijing menyatakan tak akan membiarkan negara mana pun menerobos wilayah perairannya.

Dilaporkan kantor berita Reuters, juru bicara kementerian mengatakan: "Kami mengingatkan setiap pihak terkait untuk tidak melakukan langkah provokatif dan secara tulus mengambil sikap bertanggungjawab terhadap perdamaian dan stabilitas regional".

AS dan sekutunya, termasuk Jepang, telah menyerukan agar Beijing menghentikan pembangunan pulau buatan di Laut China Selatan. Ini menjadi isu utama dalam meningkatknya ketegangan antara pemerintah Beijing dan Washington.

Sekalipun Presiden Xi Jinping menyatakan tak ada niat untuk mempersenjatai pulau tersebut, analis dari Washington dan pejabat AS menyatakan China telah membangun fasilitas militer di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com