Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganya Dipotong Tangan oleh Sang Majikan, India Protes Arab Saudi

Kompas.com - 09/10/2015, 20:22 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India, Jumat (9/10/2015), melayangkan protes terhadap otoritas Arab Saudi setelah tenaga kerja asal India diperlakukan tak manusiawi oleh sang majikan di negeri yang dipimpin Raja Salman itu.

Kementerian Luar Negeri India menyesalkan serangan "brutal" terhadap warganya, Kasthuri Munirathinam (55) sehingga korban harus dirawat di rumah sakit. Dia dipotong tangannya oleh sang majikan hanya karena mengeluhkan kondisi kerjanya. Kekerasan terhadap asisten rumah tangga itu terjadi beberapa minggu setelah kasus pemerkosaan yang diduga dilakukan diplomat Arab menyeruak.

"Memotong tangan seorang perempuan India, kami sangat terganggu oleh cara brutal yang diterima perempuan India di Arab Saudi," tulis Sushma Swaraj, menteri luar negeri India melalui akun Twitter miliknya.

Munirathinam, warga sebuah kampung di selatan negara bagian Tamil Nadu, mengalami sejumlah kekerasan sejak bekerja sebagai asisten rumah tangga di Arab Saudi tiga bulan yang lalu, menurut pengakuan keluarganya.

"Tangan kanannya dipotong oleh majikannya ketika dia berusaha menghindari pelecehan dan penyiksaan rutin," kata adik korban, S Vijaykumari kepada AFP melalui sambungan telepon dari ibu kota Tamil Nadu, Chennai.

Vijaykumari mengatakan, kakaknya pergi bekerja ke Arab Saudi demi membayar utang keluarganya. Namun kenyataannya dia tak digaji. Dia juga tak diberi cukup makan dan dilarang berbicara kepada keluarganya... Sekarang dia ingin pulang," kata Vijayakumari.

Terungkapnya penyiksaan terhadap pekerja asal India itu setelah foto korban yang terbaring di rumah sakit menyebar melalui media-media India.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Vikas Swarup kepada AFP mengatakan bahwa Munirathinam masih dirawat di rumah sakit Riyadh, dan pihaknya sedang berusaha untuk membawa korban pulang ke India.

"Kami sudah menghubungi perempuan itu, rumah sakit dan otoritas kepolisian lokal. Dia akan mendapatkan bantuan hukum dan bantuan lainnya dari kedutaan (India)," jelas Swarup.

Ratusan ribu pekerja migran asal India bekerja di Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya. Namun perlakuan buruk oleh majikan kerap menghiasi halaman depan media-media di India.

Sebuah video yang meunjukkan pekerja laki-laki asal India disiksa oleh majikannya di Arab Saudi menyebar di media sosial pada September lalu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com