Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartet Dialog Nasional Tunisia Raih Nobel Perdamaian

Kompas.com - 09/10/2015, 16:55 WIB
OSLO, KOMPAS.com - Kuartet Dialog Nasional Tunisia memenangkan Penghargaan Nobel Perdamaian atas kontribusinya pada pembangunan demokrasi pasca-revolusi Jasmine 2011 silam. Pengumuman peraih penghargaan bergengsi itu disampaikan Komite Nobel, Jumat (9/10/2015).

Kuratet tersebut terdiri dari Tunisian General Labour Union (UGTT), Tunisian Confederation of Industry, Trade and Handicrafts (UTICA), Tunisian Human Rights League (LTDH) dan Tunisian Order of Lawyers.

Menurut komite, Kuartet Dialog Nasional dibentuk pada 2013. Kumpulan organisasi itu membantu proses demokratisasi di Tunisia ketika negara tersebut dalam bahaya kehancuran.

"Dia (Kuartet Dialog Nasional) membangun proses politik alternatif yang damai pada saat negara Tunisia di ambang perang saudara," demikian bunyi pernyataan komite.

"Lebih dari apa pun, penghargaan ini dimaksudkan sebagai dorongan kepada orang-orang Tunisia ... diharapkan menjadi contoh yang harus diikuti oleh negara-negara lain."

Penghargaan Nobel Perdamaian senilai 972.000 dolar AS atau setara 12 miliar itu akan diserahkan di Oslo, Norwegia, pada 10 Desember nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com