Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Rusia di Laut Kaspia Hantam Target ISIS di Suriah

Kompas.com - 08/10/2015, 08:54 WIB
KOMPAS.com - Rusia, yang sedang melancarkan serangan udara di Suriah, Rabu (7/10/2015), menyatakan telah menggunakan empat kapal perang di Laut Kaspia untuk meluncurkan roket ke arah target-target ISIS di negara yang dikoyak perang itu.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberitahu Presiden Vladimir Putin bahwa kapal-kapal itu menembakkan 26 misil jelajah ke sebelas target ISIS, yang dikatakannya hancur tanpa menimbulkan korban warga sipil.

Pernyataan mengenai serangan angkatan laut Rusia di Suriah muncul sementara Rusia mempertimbangkan untuk berkoordinasi dengan Amerika Serikat dan Turki setelah dikritik atas serangannya selama sepekan ini di Suriah.

Organisasi pemantau kekerasan di Suriah yang berbasis di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights, menyatakan, serangan-serangan udara hari Rabu berlangsung di provinsi Hama dan Idlib, di mana pasukan Suriah menembakkan misil darat-ke-darat di kawasan itu.

Masih hari Rabu, pemimpin Liwa Suqour al-Jabal, sebuah kelompok pemberontak yang dilatih Amerika, mengatakan kepada Reuters bahwa serangan-serangan udara Rusia menghancurkan gudang senjata utama kelompok itu di provinsi Aleppo setelah menyerang kamp pelatihannya di Idlib pekan lalu.

Seorang jurubicara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, para pakar pertahanan Rusia dan Amerika dijadwalkan bertemu hari Rabu guna membahas proposal untuk “mengoordinasi aksi dalam perang melawan” militan Negara Islam (ISIS) di Suriah.

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa kedua pihak mengadakan pembicaraan pekan lalu yang diprakarsai Rusia. Carter juga menolak berkomentar mengenai tanggapan Amerika terhadap pelanggaran wilayah angkasa Turki oleh pesawat-pesawat tempur Rusia, dengan mengatakan bahwa isu tersebut akan dibahas dalam pertemuan menteri pertahanan NATO hari Kamis ini.

Rusia dan Turki masing-masing telah membicarakan tentang kemungkinan membentuk kelompok kerja bersama guna mengoordinasi dan mencegah kemungkinan terjadinya insiden terkait serangan udara Rusia di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com