Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim Termuda Inggris Berusia 18 Tahun

Kompas.com - 08/10/2015, 07:31 WIB
Tangguh Sipria Riang

Penulis

Sumber Mirror
CHATHAM, KOMPAS.com- Alex Hyne, mahasiswa paruh waktu, telah menjadi hakim termuda Inggris. Hyne menjadi hakim di usia 18 tahun.
 
Dia akan dipercaya memimpin persidangan kasus-kasus kriminal tingkat rendah, termasuk pencurian dan penyerangan di Chatham dan Dartford, Kent. "Ini panggilan hidup untuk mengabdi dan memberikan pelayanan publik," kata Hyne.

Pejabat majelis setempat menilai Hyne sangat bersemangat untuk menjadi justice of the peace (JP) atau hakim.

"Saya merasa ada sedikit perbedaan di pengadilan, khususnya bagi orang-orang muda. Saya ingin membantu mengubah persepsi ini. Sudah saatnya hakim berasal dari daerahnya sendiri. Dia siap segera bertugas," kata salah satu pejabat majelis.
 
Untuk tugas perdananya, Hyne akan mengawal persidangan kasus di Medway dan Dartford. 
 
Sementara itu, mantan Ketua Parlemen Pemuda Medway, Lucy Tate, menilai usia muda Hyne tidak mengurangi kesiapannya untuk berperan sebagai hakim. "Saya ingat saat masih bertugas di pengadilan untuk melayani masyarakat dan memastikan untuk memberikan keadilan yang seadil-adilnya," kenang Tate. Sebagai orang muda, lanjut Tate, tugas tersebut bisa membawa perspektif baru pada kasus kejahatan. Sekaligus bisa mengadvokasi orang-orang muda di North Kent. Serta berkontribusi memberikan putusan hukuman yang mungkin hakim mapan lainnya belum tentu pernah mengalaminya. Saya harap dia belajar dari hakim lain juga," paparnya.
 
Hyne yang berasal dari Chatham, Kent, akan melanjutkan peran Tate di majelis Medway dalam Layanan Perlindungan Perampasan Kemerdekaan. Sebelumnya, Tate merupakan hakim termuda di negara tersebut sebelum rekornya dipecahkan Alex. Saat itu, Tate menjadi hakim di West Yorkshire, di usia 19 tahun, pada 2006.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com