Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Singapura: Indonesia Bersedia Terima Bantuan untuk Atasi Kabut Asap

Kompas.com - 08/10/2015, 03:11 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah bersedia menerima bantuan dari Negeri Singa untuk memerangi kabut asap Hal tersebut disampaikan Balakrishnan melalui akun Facebook miliknya, Rabu (7/10/2015) malam.

"Baru saja berbicara dan berdiskusi hangat dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi yang menyatakan kali ini Indonesia akan menerima bantuan yang ditawarkan. Sangatlah baik bagi kedua negara untuk bekerja sama menyelesaikan persoalan ini secepat mungkin," tulis menteri yang baru menjabat pososi barunya seminggu ini.

Negeri Singa berencana mengirimkan bantuan dalam bentuk pesawat cloud seeding, regu Pertahanan Sipil Singapura untuk memerangi asap di lapangan, pencitraan satelit beresolusi tinggi, dan kordinat pendeteksi titik api.

Balakrishnan yang sebelumnya Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air juga menambahkan, Kemenlu Singapura telah resmi mengirimkan nota permohonan melalui Kedubes Indonesia di Singapura. Nota itu berisikan permohonan kepada pemerintah Indonesia untuk berbagi nama perusahaan yang terlibat aksi pembakaran hutan.

Singapura sendiri berencana mengeksekusi secara hukum tanpa pandang bulu perusahaan yang terlibat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com