Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Australia Sita Heroin Senilai Rp 1,7 Triliun di Samudera Indonesia

Kompas.com - 07/10/2015, 14:50 WIB
KOMPAS.com - Kapal perang HMAS Melbourne milik Angkatan Laut Australia berhasil menyita heroin seberat 427 kilogram dari sebuah kapal penangkap ikan di Samudera Indonesia pekan lalu. Barang haram itu diperkirakan bernilai 126 juta dolar Australia (Rp 1,2 triliun).

Kapal HMAS Melbourne yang mendeteksi adanya sebuah kapal penangkap ikan yang mencurigakan di perairan internasional, melakukan pencegatan.

Para petugas yang memeriksa kapal itu kemudian menemukan heroin yang disembunyikan di salah satu bagian kapal.

Vice-Admiral David Johnston dalam keterangan pers di Canberra, Rabu (7/10/2015), menjelaskan, narkotika itu kemudian dipindahkan ke kapal HMAS Melbourne untuk selanjutnya dimusnahkan.

"Kami tahu bahwa salah satu sumber pendanaan terorisme adalah dari hasil perdagangan narkotika," kata Vice-Admiral Johnston.

Dijelaskan, sejak Februari 2014, kapal-kapal milik AL Australia berhasil menyita dan memusnahkan sedikitnya 4.800 kg narkotika dengan harga pasaran mencapai puluhan miliaran dolar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com