Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Konvoi Ilegal, Dua Markas Yakuza Digerebek Polisi

Kompas.com - 07/10/2015, 11:19 WIB
Tangguh Sipria Riang

Penulis

TOYAMA, KOMPAS.com — Polisi Jepang menggerebek dua markas geng Yakuza, yaitu Haga dan Hongo, di Prefektur Toyama, Selasa (6/10/2015) waktu setempat.
 
Penggerebekan dua geng yang bermusuhan tersebut dilakukan terkait dugaan pelanggaran undang-undang lalu lintas jalan raya. "Mereka berkonvoi di jalan-jalan di pusat kota tanpa izin demi menunjukkan kekuasaannya pada akhir September lalu," kata polisi setempat seperti dikutip Japan Today.
 
Geng Haga merupakan anggota Yamaguchi, sindikat kejahatan terbesar di Jepang. Sementara itu, geng Hongo sempat menjadi bagian dari geng Kobe Yamaguchi yang baru saja memisahkan diri. Keduanya menguasai  beberapa jalan utama dengan berkonvoi di kota Toyama, tepatnya di sekitar pantai Laut Jepang tanpa izin dari pihak berwajib.
 
Polisi mengatakan, geng Hongo melibatkan ratusan anggotanya dalam konvoi yang terdiri dari lusinan mobil pada 25 September malam. "Iring-iringan mobil hitam mewah di jalanan juga mengintimidasi penguna jalan lainnya," kata seorang manajer restoran. 
 
Konvoi tersebut diduga untuk mengintimidasi geng Haga yang merupakan bagian dari sindikat Kobe Yamaguchi. 
 
Tak mau kalah dengan aksi rivalnya, geng Haga pun turun ke jalan dan berkonvoi mobil dengan melibatkan ratusan anggota di kawasan hiburan malam yang dipenuhi pub, bar, dan restoran tiga hari kemudian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com