Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris, Pembeli Harus Membayar Kantong Plastiknya

Kompas.com - 06/10/2015, 06:47 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang yang berbelanja di Inggris harus membayar 5 pence atau sekitar Rp 1.000 untuk setiap kantong plastik belanja. Kebijakan yang berlaku mulai kemarin, Senin (5/10/2015), diterapkan untuk mengurangi 7,6 miliar kantong plastik yang dipakai setiap tahun.

Para pembeli di pasar swalayan dan toko-toko besar akan diwajibkan menggunakan tas mereka sendiri atau membeli kantong plastiknya.

Pegiat lingkungan menyambut baik tindakan ini. Namun, mereka tetap mendesak skema yang lebih menyeluruh, hingga melibatkan semua pengecer dan semua jenis kantong.

Inggris adalah wilayah terakhir Inggris Raya atau UK, yang memulai meminta pembayaran kantong plastik.

Toko retail yang punya lebih dari 250 pegawai harus meminta pembayaran paling tidak 5p untuk kantong yang mereka berikan saat berbelanja di toko atau untuk pengiriman.

Kantong gratis tetap akan diberikan kepada pembeli daging mentah, ayam atau ikan, obat dengan resep, produk tertentu seperti bunga atau kentang, dan makanan siap saji yang tidak dibungkus seperti kentang goreng.

Dengan pengecualian itu maka kebijakan di Inggris ini kemungkinan tidak seberhasil di wilayah-wilayah lainnya di Inggris Raya seperti di Wales, kata para pegiat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com