Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek Berusia 71 Tahun Bersiap Ikut Lomba Maraton Ke-5 Tahun Ini

Kompas.com - 05/10/2015, 10:20 WIB
KOMPAS.com — Pada usia ketika kebanyakan orang sudah mulai lambat bergerak, Liam Hanna (71) justru tengah bersiap untuk mengikuti kejuaraan maraton yang ke-5 sepanjang tahun 2015.

Liam Hanna merupakan satu dari 8.000 atlet yang akan ambil bagian dalam acara olahraga utama dan terbesar di Australia, Australian Masters Games ke-15, yang akan diselenggarakan di Kota Adelaide, Australia Selatan, selama satu pekan mendatang.
 
Hanna memulai kalender kejuaraan maratonnya pada tahun 2015 ini dengan mengikuti kejuaraan maraton di London pada April kemarin, diikuti dengan kejuaraan maraton Master Championships di Lyon pada Agustus lalu sebelum akhirnya pulang ke rumah untuk mengikuti maraton di Adelaide dengan rute dari pusat kota Adelaide hingga ke pantai.
 
Liam Hanna saat ini tengah mempersiapkan diri untuk berlaga dalam 3 pertandingan olahraga pada kejuaraan Australian Masters Games, besok, yakni cabang olahraga lari 5.000 meter dan nomor setengah maraton. Liam Hanna mengakui, ini benar-benar tahun yang sangat sibuk baginya.
 
"Di Lyon, selama mengikuti kejuaraan maraton internasional, saya meraih emas pada kategori tim cross country dan medali perunggu untuk nomor perseorangan 10.000 meter," katanya.
 
Liam Hanna mengaku kali pertama mengikuti kejuaraan maraton pada tahun 1980. Sejak saat itu, ia tidak pernah berhenti menekuni olahraga lari.
 
"Saya berusaha memotivasi orang lain bahwa masih ada kehidupan yang panjang setelah berusia 50 tahun, dan kesehatan Anda tetap akan baik jika berolahraga, sedikit makan dan lebih banyak bergerak," katanya.
 
"Saya selalu meningkatkan kegiatan berlari saya, tahun demi tahun," tuturnya. "Kegiatan ini akan membantu tubuh kita. Lari menjaga mood kita tetap positif dan membuat Anda tetap aktif, dan saya tidak stres... saya tidak kenal apa itu stres," ungkapnya gembira.
 
Kecintaannya pada kebugaran sebagian besar mungkin karena faktor keturunan, mengingat baik ayah dan saudara laki-lakinya juga merupakan atlet sukses semasa hidupnya.
 
Meski demikian, Liam Hanna mengatakan bahwa dia memiliki senjata rahasia untuk mengatasi rasa sakit, yakni alter egonya yang dia sebut "Zendomorph Star Child".
 
"Zen adalah kekuatan pikiran dan endomorfin adalah hormon yang memberikan Anda semangat alami, sementara Star Child adalah tokoh dalam novel fiksi sains karya novelis Arthur Clarke pada tahun 2001, "katanya.
 
Hanna mengatakan, julukan "Star Child" itu bahkan dicetaknya di kaus singlet yang ia kenakan ketika lari, dan itu membantu dia berhasil melewati garis finis.
 
"Ketika saya merasa hampir putus asa kelelahan di kilometer ke-39, saya akan menyambungkan kekuatan saya pada energi kosmos, dan itu akan membuat kaki-kaki saya kembali berlari."
 
Setelah melewati 6 bulan yang sibuk dengan jadwal kejuaraan maratonnya, Hanna akan mengambil rehat sebentar setelah mengikuti maraton internasional di Adelaide, sebelum kembali mempersiapkan diri dengan jadwal latihan untuk maraton London berikutnya.
 
Kejuaraan Australian Masters Games ke-15 akan berlangsung hingga Sabtu mendatang, dan diramaikan dengan 49 pertandingan olahraga yang digelar di sejumlah lokasi di seluruh Adelaide.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com