Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas akibat Longsor di Guatemala Capai 96 Orang, 300 Orang Masih Hilang

Kompas.com - 05/10/2015, 06:17 WIB

SANTA CATARINA PINULA, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas akibat musibah tanah longsor yang terjadi di Santa Catarina Pinula, Guatemala, terus bertambah. Data terbaru, korban tewas hampir mencapai 100 orang. Lebih dari 300 orang juga dikabarkan masih hilang akibat bencana yang terjadi di Desa El Cambray II, pada Kamis (1/10/2015) lalu.

"Penghitungan terbaru kami adalah 96 orang dipastikan tewas dan telah ditemukan. Sedangkan masih ada 300 orang yang masih hilang," kata juru bicara relawan pemadam kebakaran, Julio Sanchez, dikutip dari AFP, Senin (5/10/2015).

Menurut Julio, korban tewas itu termasuk lanjut usia, anak-anak dan bayi.

Longsor besar terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan itu, yang kemudian menyebabkan banjir disertai longsor yang menjadikan sejumlah bangunan di Desa El Cambray II menjadi puing reruntuhan. Setidaknya 125 rumah hancur akibat longsor itu.

Daerah tersebut diketahui memiliki kontur curam dan dikelilingi oleh bukit-bukit curam. Adapun lokasi rumah warga berada di dasar lembah.

Jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah dalam beberapa hari mendatang. Sejumlah kerabat korban juga terus berupaya menghubungi keluarganya yang masih terperangkap di bawah reruntuhan dalam dua hari terakhir.

Beberapa korban yang selamat telah dievakuasi ke tempat penampungan sementara.

Upaya evakuasi korban sempat dihentikan sementara, Jumat lalu, akibat hujan lebat. Namun, proses evakuasi tersebut kembali dilanjutkan sejak Sabtu hingga hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com