Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembakan di Oregon Diidentifikasi sebagai Chris Harper Mercer

Kompas.com - 02/10/2015, 09:27 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com  Para pejabat AS mengidentifikasi pria bersenjata di balik penembakan yang menewaskan sedikitnya 10 orang di sebuah perguruan tinggi di Oregon, AS, sebagai Chris Harper Mercer (26 tahun). Demikian menurut lapor media lokal, Kamis (1/10/2015) waktu setempat. Sejumlah media seperti CNN, CBS dan NBC, merilis nama Mercer, tetapi pemerintah belum secara resmi mengidentifikasinya.

Pihak berwenang sebelumnya hanya mengatakan bahwa penembak adalah seorang pria berusia 20 tahun.

Sejumlah laporan media mengatakan, para penyidik telah mewawancarai keluarga Mercer dan teman-temannya dan memantau posting-an pemuda itu di media sosial untuk mencari petunjuk. Sejumlah laporan juga mengatakan, dia bukan mahasiswa di Umpqua Community College, yang terletak di pedesaan Roseburg.

Pihak kepolisian juga telah memastikan bahwa pelaku penembakan tewas dalam baku tembak dengan aparat kepolisian. Kepastian tewasnya Mercer diungkap oleh Sherrif Douglas County, John Hanlin. "(Polisi) menghadang pelaku dan kemudian terjadi baku tembak," kata John Hanlin seperti dikutip CNN.

Menurut laporan CNN, seorang sumber mengatakan bahwa orang yang diduga sebagai pelaku itu sempat mengungkap niatnya untuk melakukan pembantaian dengan senjata api pada malam sebelum peristiwa itu terjadi. Pelaku mengungkap niat jahatnya itu dalam sebuah perbincangan online.

Mercer disebut beraksi terlebih dahulu di sebuah gedung yang terdapat di kampus itu. Tidak diketahui apakah di gedung itu pelaku sempat melepaskan tembakan. Namun, setelah itu pelaku bergerak di gedung untuk aktivitas sains. Korban tewas dan terluka ditemukan di sejumlah kelas yang terdapat di dalam gedung tersebut.

"Saat tiba, kami menemukan sejumlah korban di sejumlah kelas," kata Kepala Pemadam Kebakaran Douglas County, Marshal Ray Shoufler, yang juga membantu proses pertolongan terhadap korban.

Selain menewaskan setidaknya 10 orang, penembakan ini juga dilaporkan telah melukai lebih dari 20 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com