Jika Terpilih, Donald Trump Akan Kirim Pulang Pengungsi Suriah - Kompas.com

Jika Terpilih, Donald Trump Akan Kirim Pulang Pengungsi Suriah

Kompas.com - 01/10/2015, 14:22 WIB
BBC Donald Trump menyebut, para pengungsi dari Suriah itu bisa saja anggota ISIS
KOMPAS.com — Donald Trump bertekad untuk mengirim pulang semua pengungsi Suriah yang sudah diterima di AS.

Manusia super-kaya yang sedang memimpin dalam bursa bakal calon presiden Partai Republik itu mengatakan kepada para pendukungnya dalam sebuah kampanye nominasi di New Hampshire, "Andai saya menang, mereka (pengungsi) akan pulang."

Pernyataan ini menandakan pula perubahan sikapnya. Awal bulan ini, dia mengatakan kepada Fox News bahwa AS mesti menerima pengungsi lebih banyak lagi.

Krisis pendatang dari Suriah dan berbagai negara yang dilanda konflik melanda Eropa. Sementara itu, Amerika Serikat berjanji untuk menerima 10.000 pengungsi Suriah tahun depan.

Dalam kampanye pada Rabu (30/9/2015) malam di Keene High School, Trump berkata, "Saya mendengar, kita akan menerima 200.000 (pengungsi) Suriah, dan bisa saja mereka itu... perhatikan... bisa saja mereka itu adalah (orang) ISIS."

Trump menyebut para pengungsi Suriah itu sebagai "pasukan berkekuatan 200.000 orang."

"Saya memperingatkan, mereka yang datang ke sini dari Suriah merupakan bagian dari migrasi besar-besaran ini. Andaikan saya menang... andaikan saya menang... mereka akan dipulangkan."

Ia menyalahkan pula Presiden Obama atas krisis yang terjadi di Suriah. "Kehidupan di Suriah itu sudah seperti di neraka. Mereka bagai hidup di neraka."

Donald Trump menjadi berita besar di Indonesia beberapa waktu lalu, ketika sejumlah tokoh DPR Indonesia, termasuk Ketua DPR dari Golkar, Setya Novanto, dan Wakil Ketua DPR dari Gerindra, Fadli Zon, hadir dalam jajaran pendukung Trump pada jumpa pers kampanye nominasi tokoh kontroversial itu.

EditorEgidius Patnistik
Komentar

Close Ads X