Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abbas: Palestina Tak Lagi Terikat Perjanjian dengan Israel

Kompas.com - 01/10/2015, 08:53 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, Rabu (30/9/2015), mengatakan Palestina tidak lagi terikat perjanjian apapun yang sudah dibuat dengan Israel.

Dalam pidatonya pada sidang tahunan Majelis Umum PBB, Mahmoud Abbas mengatakan bahwa Palestina berhak mendapat keanggotaan penuh dalam badan dunia itu sebagai sebuah negara.

Tuntutan itu disampaikan Abbas menjelang upacara menaikkan bendera Palestina untuk pertama kalinya di PBB bersama bendera dari ke-193 negara anggota.

Para analis meragukan desakan Abbas akan segera ditanggapi karena proses perdamaian Palestina-Israel saat ini bukan prioritas PBB.

Dilema besar yang dihadapi Abbas saat ini adalah bagaimana menjadikan status Otorita Palestina kembali relevan sementara isu yang membara di Timur Tengah saat ini adalah Suriah, Irak, arus pengungsi dan militan ISIS, kata analis Josef Olmert pada Universitas South Carolina.

Abbas sebelumnya mengatakan pidatonya akan terpusat pada kesepakatan Oslo tahun 1993 dan apa yang disebutnya berbagai pelanggaran perjanjian oleh Israel, termasuk membangun permukiman dan menghancurkan bangunan-bangunan Palestina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com