Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Bebas dari Dakwaan Terkait 11 September

Kompas.com - 01/10/2015, 06:31 WIB

KOMPAS.com — Seorang hakim di Amerika Serikat membebaskan Arab Saudi dari posisi terdakwa dalam tuntutan hukum keluarga korban serangan 11 September 2011.

Hakim George Daniels menyatakan tak cukup bukti yang bisa mengaitkan negara itu dengan serangan yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di New York.

Bukti yang ditolak antara lain tuduhan dari seorang tahanan Amerika bernama Zacarias Moussaoui bahwa seorang pangeran Arab Saudi membantu pembiayaan serangan tersebut.

Moussaoui ditahan beberapa pekan sebelum serangan 11 September karena masalah imigrasi dan berada dalam penjara ketika serangan terjadi. Ia mengambil kursus penerbangan di Minnesota dan secara rutin dikirimi uang oleh afiliasi Al Qaeda.

Saudi menolak tuduhan dari orang yang mereka sebut "penjahat gila" tanpa kredibilitas.

Ini merupakan kali kedua bagi Arab Saudi bebas dari kasus semacam ini. Tuntutan hukum ini diajukan terhadap perusahaan, negara, dan organisasi yang dituduh membantu Al Qaeda dan kelompok teroris lain.

Pengacara kasus ini kerap mengutip laporan Komisi 11 September yang menyebut Arab Saudi merupakan pendana utama Al Qaeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com